Rabu, 29 Juli 2009

Wisata Desa ciparagejaya



















Sektor Wisata Desa Ciparagejaya


Desa Ciparagejaya adalah sebuah desa yang terletak diujung utara Jawa Barat, tepatnya berada dipantai utara (Pantura) kota Karawang. Dari Kota Karawang -+ jaraknya 50km, naik kendaraan roda dua rata-rata dapat ditempuh 1,5 jam.

Desa Ciparagejaya mempunyai wisata alam pantai yang tidak kalah dengan wisata pantai lainnya, karena letaknya sangat strategis dan mempunyai bibir pantai luas dan berpasir, berbeda dengan desa-desa lainnya, biasanya berlumpur dan keruh airnya.

Nama dari Wisata tersebut adalah Pantai Indah Cibendo bahari, yang konon katanya dari masyarakat stempat bahwa dinamai Pantai Indah Cibendo Bahari karena dulu tempat tersebut adalah kawasan perempangan yang ditanami benih udang Bago (sejenis udang windu) milik pengusaha keturunan orang-orang Cina. Nama Cibendo tersebut diambil dari penjaga atau centeng suruhannya. Lama-kelamaan daerah perempangan milik orang-orang pengusaha keturunan cina tersebut terkena abrasi pantai sehingga empang-empang tersebut menjadi satu dengan laut. sehingga terjadi kebangkrutan dan ditinggalkan oleh pemiliknya.

Beberapa tahun kemudian empang-empang tersebut berubah menjadi dataran pantai yang sangat luas. Penduduk setempat satu demi satu membuat bangunan gubuk terbuat dari bilik bambu untuk tempat orang-orang beristirahat habis dari perjalanan. Kini tempat tersebut banyak dibangun gubuk-gubuk bambu untuk berjualan bakar ikan,minuman segar, cindera mata dll. Biasanya tempat tersebut ramai dikunjungi pada hari-hari libur atau hari besar.

Wisata Pantai Cibendo Bahari Ciparagejaya sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar karawang, bahkan masyakat diluar karawang, seperti daerah bandung, bekasi, cikarang, subang. purwakarta, bogor dll. Bahkan pernah sebagai obyek penelitian Seismik pertamina.

Dengan harga terjangkau/murah meriah yang belum pernah singgah silahkan datang dijamin puas dan dapat menghilangkan kepenatan seharian kerja dikantor...........cape dech............

3 komentar:

  1. alam yang bagus, semoga tak dirusak oleh tangan yang tak bertanggung jawab

    BalasHapus
  2. Salam kenal dari orang purwakarta yg mencintai laut..tgl 22 juli 2010 sy refresing ke pantai cibendo brdua sama mywife..smg pemda memperhatikan nasib para nelayan dan wisata pantai..waktu menulis ini sy berada di slhsatu wrg d pantai cibendo..kapan2 kalau main ke Ciparage sy pgn mampir ke tempat yg punya blog ini..salam buat keluarga anda di Ciparage.dari herangmata.blogspot.com..haturnuhun

    BalasHapus
  3. Dgn bentangan pantai yg begitu panjang dan bersih,walaupun airnya berwarna crem cukup bagi sy untuk me refresh pikiran sy dari kesibukan pekerjaan sehari-hari..n buat wisatawan di dlm dan luar kab karawang silahkan mampir ke pantai Cibendo..kondisinya alami n jauh dari keramaian hirukpikuk kota..

    BalasHapus

Template Design by faris vio